Cara Mudah Menentukan KBLI 2020 – 5 Digit


Get it on Google play | KlikDirektori

Cara Mudah Menentukan KBLI 2020 5 Digit | KlikDirektori.com

KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia)

KBLI adalah klasifikasi rujukan yang digunakan untuk mengklasifikasikan aktivitas/kegiatan ekonomi Indonesia ke dalam beberapa lapangan usaha/bidang usaha yang dibedakan berdasarkan jenis kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk/output baik berupa barang maupun jasa. KBLI disusun dengan maksud untuk menyediakan satu set klasifikasi kegiatan ekonomi di Indonesia agar dapat digunakan untuk penyeragaman pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data masing-masing kegiatan ekonomi, serta untuk digunakan mempelajari keadaan atau perilaku ekonomi menurut masing-masing kegiatan ekonomi. Dengan penyeragaman tersebut, keterbandingan data kegiatan ekonomi antar waktu, antar wilayah, dan keter-bandingan dengan data internasional dapat dilakukan.

KBLI bukan hanya digunakan untuk menyajikan data statistik dengan lengkap dan terstruktur, tetapi telah meluas hingga kebutuhan perizinan usaha dan investasi dengan berbasis One (Online) Single Submission (OSS) atau Pelayanan Perijinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. KBLI digunakan sebagai dasar identifikasi bidang usaha untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB), penentuan kualifikasi: Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), perijinan investasi/ penanaman modal, pengadaan barang dan jasa dan identifikasi bidang usaha untuk pendaftaran Wajib Pajak.

Salah satu terobosan penting dari diterapkannya pengajuan izin usaha melalui portal Online Single Submission (OSS) adalah adanya Nomor Induk Berusaha (NIB). Berdasarkan Pasal 1 angka 12 PP No.24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, NIB adalah dokumen yang diterbitkan oleh Lembaga OSS tersebut dijadikan sebagai identitas pelaku usaha. Identitas pelaku usaha ini akan didapatkan setelah mereka melakukan pendaftaran. Selain sebagai identitas berusaha, pelaku usaha juga bisa menggunakannya untuk mendapatkan izin usaha, izin komersial atau izin operasional.

KBLI disusun oleh BPS dengan merujuk pada International Standard Industrial Classification of All Economic Activities (ISIC) Rev.4 oleh United Nations of Statistical Division (UNSD), lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa divisi statistik (https://unstats.un.org/home/) sampai 4 digit dan dikembangkan rinci sampai 5 digit untuk kegiatan ekonomi yang khas Indonesia. Dua digit pertama KBLI menunjukkan golongan pokok bidang usaha – misalnya, 10 adalah industri makanan kemudian dirinci ke cabang-cabang usaha yang lebih spesifik menjadi KBLI 3 sampai 5 digit. Standar ini berlaku global, sehingga mengetahui kategori KBLI sebenarnya dapat memudahkan kita dalam bergaul dengan komunitas bisnis internasional, membuat perbandingan antara data pada tingkat nasional dengan negara-negara lain dan mengkomunikasikan informasi dengan institusi-institusi di dalam negeri maupun di luar negeri.

Secara sederhana KBLI merupakan klasifikasi jenis usaha. Misalnya : usaha kecap termasuk kelompok jenis usaha apa? Ternyata usaha ini termasuk:
Kelompok : Industri Kecap (10771)
Sub Golongan : Industri Bumbu-bumbuan Dan Produk Masak Lainnya (1077)
Golongan : Industri Makanan Lainnya (107)
Golongan Pokok : Industri Makanan (10)
Kategori : C –> Industri Pengolahan

Saat ini, Lembaga OSS menggunakan KBLI 2017 yang bersandar pada Peraturan Kepala Biro Pusat Statistik Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 95 Tahun 2015 tentang Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (“Peraturan Kepala BPS 19/2017”) dengan menggunakan kode angka 5 digit. Pada Awal Oktober 2020, pemerintah melalui Badan Pusat Statistik telah merilis KBLI 2020 yang merupakan revisi dari KBLI 2017 dengan penambahan 216 kode KBLI 5 digit baru.

⬇ Download KBLI 2020.

 

Cara Mudah Menentukan KBLI Usaha

Menentukan KBLI 5 digit cukup mudah dan dapat dilakukan dengan beberapa cara:

1) Lihat Daftar KBLI
Tentukan ‘kategori’ KBLI (A s/d U) dan ‘golongan pokok’ (2 digit) kemudian ‘golongan’ (3 digit) dan ‘kelompok’ (5 digit)

2) Klik ‘Direktori’ (pilih kategori’ KBLI (A s/d U) di ‘main categories’ dan selanjutnya akan diarahkan ke KBLI 5 digit)

3) Cari di Google
Misal: ketik keyword ‘kbli restoran’ dan cari situsnya ‘klikdirektori.com’ dan nanti akan di arahkan ke KBLI 5 digit untuk ‘restoran’.

➤ Daftar Lengkap KBLI 2020 – 5 Digit

 

Free Listing | KlikDirektori.com

🇮🇩 UMKM Go-Modern, Go-Digital, Go-Online dan Go-Global ❤

 

https://i2.wp.com/www.klikdirektori.com/wp-content/uploads/2021/04/Screenshot_26-min.png?w=1200&ssl=1
KLIK Direktori | Direktori KBLI

Jasa Pembuatan PT Perorangan, PT Biasa & CV
Pendirian Badan Usaha

Jasa Design & Pengembangan Website
Jasa Design & Pengembangan Website

Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile
Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile