Banner Klik Direktori | KlikDirektori.com

VISI:

Menjadi penyedia sarana informasi direktori digital terbesar dan terpercaya bagi pelaku bisnis Indonesia

MISI:

1. Tujuan yang ingin dicapai oleh platform digital directory adalah untuk menjadikan kekuatan transformatif teknologi guna mengubah dunia usaha khususnya pelaku UMKM menjadi lebih baik dengan menyediakan platform direktori bisnis yang bisa menghubungkan penjual dan pembeli baik di komunitas nasional maupun internasional.

2. Menggunakan klasifikasi baku untuk produk barang dan jasa dalam platform direktori yang terstandar nasional dan internasional yang juga merupakan salah satu syarat penyesuaian perizinan berusaha yang harus dipenuhi oleh dunia usaha yang ada di Indonesia terutama agar sesuai dengan sistem perizinan terbaru OSS (Online Single Submission) atau Pelayanan Perijinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

3. Mengembangkan jiwa kewirausahaan bagi para penjual di Indonesia dan memberdayakan UMKM yang ada di Indonesia agar mereka bisa GO Modern, GO Digital, GO Online dan GO Global

Klik Direktori

KLIK Direktori adalah platform digital ‘directory’ yang dapat dipergunakan oleh para UMKM yang ada di seluruh provinsi Indonesia untuk mempromosikan produk barang & jasa mereka secara online di pasar Indonesia maupun di pasar Global. Klik Direktori tepat diperuntukan bagi bisnis yang masih offline yang ingin go online dengan tujuan untuk membuat usaha pelaku UMKM lebih dikenal konsumen dan dapat meningkatkan omzet penjualan.

Direktori KBLI

● KLIK Direktori adalah portal direktori bisnis khususnya direktori KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) yang pertama di Indonesia dan saat ini adalah satu satunya direktori KBLI yang ada di Indonesia. KBLI adalah klasifikasi rujukan yang digunakan untuk mengklasifikasikan aktivitas/kegiatan ekonomi Indonesia ke dalam beberapa lapangan usaha atau bidang usaha yang dibedakan berdasarkan jenis kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk/output baik berupa barang maupun jasa.

● KBLI merupakan salah satu syarat penyesuaian perizinan berusaha yang harus dipenuhi oleh dunia usaha yang ada di Indonesia terutama agar sesuai dengan sistem perizinan terbaru OSS (Online Single Submission) atau Pelayanan Perijinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

● KBLI disusun oleh BPS dengan merujuk pada International Standard Industrial Classification of All Economic Activities (ISIC) oleh United Nations of Statistical Division (UNSD), lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa divisi statistik (https://unstats.un.org/home/). Dua digit pertama KBLI menunjukkan golongan pokok bidang usaha, misalnya: 10 adalah industri makanan kemudian dirinci ke cabang-cabang usaha yang lebih spesifik menjadi KBLI 3 sampai 5 digit. Standar ini berlaku global, sehingga mengetahui kategori KBLI sebenarnya dapat memudahkan kita dalam bergaul dengan komunitas bisnis internasional.

Manfaat KLIK Direktori

● KLIK Direktori adalah modern dan interactive directory dimana para UMKM dan Konsumen bisa saling berinteraksi atau berkomunikasi via platform portal. Selain itu portal KLIK Direktori memiliki fitur fitur yang lengkap yang dapat menyajikan informasi baik dalam bentuk text, gambar maupun video dan user friendly dimana sangat mudah digunakan oleh UMKM (user) untuk mempromosikan produk/jasa mereka termasuk oleh konsumen (end-user) dalam mencari produk/jasa yang ditawarkan oleh para UMKM.

● Pencarian direktori mudah dilakukan karena adanya klasifikasi produk yang sudah terklasifikasi dengan baik melalui sistim KBLI yang dapat digunakan secara nasional maupun internasional. Selain kategori usaha (KBLI), pencarian direktori (search) juga menggunakan lokasi usaha (mulai dari tingkat provinsi, kotamadya, kecamatan sampai kabupaten) dan juga penggunaan kata kunci (keywords) untuk penelusuran pencarian.

Keunggulan Platform Directory

● Platform directory memungkinkan pelaku UMKM memasukan fitur ‘website’ selain alamat lengkap, email, telepon dan data-data penting lainnya ke dalam direktori dimana hal ini tidak bisa dilakukan pada platform marketplace. Dengan memiliki website sendiri akan lebih leluasa mengelola portofolio produk dagangan tanpa batas termasuk akses ke data pelanggan-pelangan UMKM sendiri. Dan juga terlihat lebih profesional karena memiliki domain sendiri sehingga secara branding, social media dan marketing bisa lebih mengena dimata konsumen terlebih untuk ditargetkan produknya ke pasar ekspor.

● Marketplace bukanlah saluran distribusi yang menguntungkan bagi UMKM dalam jangka panjang dan berkelanjutan. Kebanyakan orang datang ke marketplace untuk membandingkan harga. Marketplace adalah pasar dengan persaingan sempurna dimana UMKM bermodal kecil akan takluk oleh mereka yang punya keunggulan modal dan biaya. Pelaku UMKM sebaiknya meninggalkan persaingan di area harga dan adu murah. Karena dilihat dari bentuk usahanya, sulit bagi UMKM punya cost leadership dan solusinya adalah pelaku UMKM perlu mempertimbangkan penggunaan platform directory dalam memasarkan produk dan jasa dari usaha UMKM sendiri.

● Keunggulan paling berkelanjutan bagi UMKM adalah difrensiasi dan ceruk pasar. Diferensiasi tidak hanya terletak pada produk, tapi bagaimana kita memasarkannya, mendistribusikannya, melayani penjualannya, purna jual, hingga membangun loyalitas. Diferensiasi juga menyasar segmen yang tidak terlalu sensitif pada harga. Mulailah dari ceruk dan penuhi segmen konsumen yang spesifik.

Inovator Digital UMKM

Startup KLIK Direktori terpilih sebagai sebagai ’30 Inovator Digital UMKM’ atau Pahlawan Digital UMKM oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI. Pahlawan Digital UMKM adalah inovator-inovator yang telah mengembangkan platform bagi para UMKM untuk bisa Go Modern, Go Digital dan Go Online agar UMKM Indonesia bisa exist di era digital dan masa pandemi.

Cara Listing

● Silahkan promosikan dan listingkan produk dan jasa Anda di KLIK Direktori dengan klik LINK ini. Listing sangat mudah dilakukan dengan ‘tiga langkah listing’, sbb:
(1) Isi “username, e-mail & password” dan klik ‘daftar’
(2) ‘Pilih’ paket listing, free atau premium listing
(3) Login dan klik ‘listing’, kemudian pilih kategori usaha (KBLI) dan mengisi data-data usaha/direktori

● Untuk mempromosikan produk dan jasa Anda di pasar Internasional atau ke Global Market, silahkan klik G20 Market dan tata cara global listing sama dengan local listing dan tinggal mengikuti tiga langkah listing tersebut diatas.

HAPPY LISTING & PROMOTING (^_^)